SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KARO
   |   

 

 

 

 

 

LOMBA BERCERITA ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KARO

DALAM RANGKA KEGIATAN PENYELENGGARAAN LOMBA-LOMBA KREATIVITAS SISWA TAHUN 2017

Kegiatan  Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Karo dalam rangka kegiatan Penyelenggaraan Lomba-lomba Kreativitas Siswa Tahun Anggaran 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 23 November 2017  dan dibuka oleh Wakil Bupati Karo Ibu Cory Sebayang. Kegiatan dilaksanakan di halaman  Dinas  Kearsipan  dan  Perpustakaan Kabupaten Karo Jl. Pahlawan Komplek Gedung Nasional No. 1 Kabanjahe. Peserta Lomba sebanyak 34 orang terdiri dari 17 Kecamatan, setiap kecamatan masing-masing mengutus 2 (dua) peserta yang masih duduk di bangku kelas V SD.

Dasar Pelaksanaan Kegiatan Lomba Bercerita ini adalah Surat Keputusan Bupati Karo Nomor: 041/364/DKP/2017  tanggal  17 Oktober 2017 tentang Pembentukan Panitia Lomba Bercerita Anak Tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Karo dalam Rangka Kegiatan Penyelenggaraan Lomba-lomba Kreativitas Siswa Tahun Anggaran 2017; Peraturan Daerah Kabupaten Karo No.03 Tahun 2017 tentang Anggaraan Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017; Peraturan Bupati Karo No.06 Tahun 2017 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017.

Tujuan diadakan Lomba Bercerita adalah menumbuhkembangkan minat baca anak-anak dan mencintai budaya daerah, khususnya Budaya Karo (Cerita Rakyat Karo). Upaya untuk menumbuh kembangkan minat baca bukan hanya tanggung jawab guru akan tetapi juga menjadi tanggung jawab para orang tua.  Ada 3 (tiga) judul cerita yang telah ditentukan Panitia untuk dipilih peserta lomba yaitu

  • Pawang Ternalem
  • Asal – usul nama Gunung Sibayak
  • Legenda Danau Lau Kawar

Setiap Pemenang (Juara 1,2, 3 dan harapan 1,2,3) diberikan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan

Berikut nama nama pemenang  Lomba Bercerita Tahun 2017 :

NO

JUARA

NAMA

UPTD KECAMATAN

JUDUL

CERITA

1

I

Nencya Anggraeni

Berastagi

Pawang Ternalem dan Beru Patimar

2

II

Zazkia Azkiroh Bius

Munte

Pawang Ternalem dan Beru Patimar

3

III

Dewi br Surbakti

Tiganderket

Asal usul nama Gunung Sibayak

4

HARAPAN I

Renata Natalia

Munte

 

5

HARAPAN II

Ester Adelin

Kutabuluh

Legenda Danau Lau Kawar

6

HARAPAN III

Teresa Hyasina

Dolat Rayat

Legenda Danau Lau Kawar