SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KARO
   |   

KEGIATAN WISATA BACA SISWA BERPRESTASI TINGKAT SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN KABUPATEN KARO DALAM RANGKA KEGIATAN PUBLIKASI DAN SOSIALISASI MINAT DAN BUDAYA BACA TAHUN ANGGARAN 2017

   

   

Dalam rangka Kegiatan Wisata Baca Siswa Berprestasi Tingkat Sekolah Dasar di Lingkungan Kabupaten Karo telah dilaksanakan Kegiatan Lomba Cerdas Cermat Dan Pertunjukan Bakat/Kreativitas Anak Tahun Anggaran 2017 pada hari Kamis, 09 November 2017 pukul 07.00 WIB bertempat di Bukit Kubu Hotel Berastagi. Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut :

  1. SK Bupati Karo Nomor : 041/365/DKP/2017  Tanggal      17 Nopember 2017 Tentang Pembentukan Panitia Wisata Baca Siswa Berprestasi Tingkat Sekolah Dasar di Lingkungan Kabupaten Karo Tahun Anggaran 2017.
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Karo Nomor 03 Tahun 2017 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017
  3. Peraturan Bupati Karo Nomor 06 Tahun 2017 Tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017
  • Peserta kegiatan

Kegiatan wisata baca siswa berprestasi tingkat sekolah dasar di lingkungan kabupaten karo ini diikuti 140 orang peserta, terdiri dari :

  • Siswa/i yang merupakan perwakilan masing – masing kecamatan yang ada di lingkungan P Karo.
  • Masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilan sebanyak 10 (sepuluh) orang, dengan rincian 3 (tiga) orang siswa kelas VI untuk mengikuti lomba cerdas cermat, dan 7 (tujuh) orang siswa (tidak ditentukan kelasnya) menampilkan bakat/kreativtas seni seperti menyanyi, menari, deklamasi/membaca puisi, bermain musik dll.
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan wisata baca ini adalah  meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif siswa guna menciptakan generasi emas yang berkualitas dalam pendidikan. Secara khusus tujuan lomba cerdas cermat ini adalah mengasah  kemampuan berkompetisi siswa dalam menjawab soal-soal yang diperlombakan. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi agar dapat memenangkan perlombaan. Adapun tujuan kegiatan pertunjukan bakat/kreativitas anak ini adalah mengasah keberanian siswa untuk menampilkan bakat, hobi, ide pikirannya dengan bebas namun tetap terarah dan bertanggung jawab. Siswa diharapkan dapat memberikan penampilan yang terbaik, dan untuk itu, siswa harus memperkaya literasi mereka dengan membaca. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin kaya ilmu dan pemahaman siswa, maka semakin mumpuni keterampilannya untuk berpidato.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH. Dengan adanya kegiatan ini, minat dan budaya baca pada masyarakat terutama siswa di Kabupaten Karo semakin bertumbuh dan pada akhirnya akan menumbuhkan generasi yang kaya akan ilmu, talenta, budaya dan informasi sehingga tujuan perpustakaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai.

  • Juara dan hadiah

Juara dan hadiah pemenang lomba cerdas cermat ini, untuk JUARA I, II, III, DAN JUARA HARAPAN I, II DAN III  akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Setiap peserta wisata baca akan mendapat sertifikat, buku, dan pulpen.

 

Juara

Nama

UPT Kecamatan

JUARA I

Lasma Lidya N

Geo Ivanka Perangin-Angin

Dea Lova Br Sitepu

Tiga binanga

JUARA II

Karina Jcr Br Ginting

Cecilia Thifani Br Ginting

Meylia Laurensia Br Pinem

Kabanjahe

JUARA III

Claudia Leginta Br Surbakti

Dwi Egia Nina

Vega Syafwan Surbakti

Merdeka

HARAPAN I

Zindy Reanisane

Regi Desnaya Ginting

Nurhalimah

Tiga Nderket

HARAPAN II

Asri Wahyuni

Sarah Ignasia Br Ginting

Ovenina Br Atrigan

Dolat Rakyat

HARAPAN III

Koimadia Misinta Br Sembiring

Hazel Amanda Br Ginting

Nencya Anggraeni S.

Berastagi